Selasa, 18 Juni 2024

2.1.a.4.1. Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep Modul 2.1

Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid melalui Pembelajaran Berdiferensiasi

 Tujuan Pembelajaran Khusus:

  1. CGP dapat menunjukkan pemahaman tentang diferensiasi konten, proses, dan produk.
  2. CGP dapat menyimpulkan apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan Diagram Frayer.
Pertanyaan untuk dijadikan renungan:

  1. Bagaimana saya mengelola pembelajaran secara efektif sehingga dapat memenuhi kebutuhan belajar murid saya?
  2. Apa yang akan saya minta murid pelajari?
  3. Bagaimana murid saya harus belajar, difasilitasi pembelajarannya dan berinteraksi satu sama lain?
  4. Bagaimana mereka mendemonstrasikan hasil pembelajaran mereka? Apa yang akan mereka hasilkan?
  5. Apa peran penilaian formatif dan sumatif dalam pembelajaran berdiferensiasi ?
Pertanyaan untuk diskusi daring
  1. Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?
  2. Gagasan baru apa yang Anda dapatkan dari video dan artikel yang Anda lihat?
  3. Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?
  4. Pertanyaan apakah yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?
DISKUSI
1. Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?
Fakta Video 1
Tiga strategi diferensiasi yang bisa kita lakukan berdasarkan tiga kebutuhan belajar (kesiapan belajar, minat dan profil belajar murid)
1. Diferensiasi konten
    Konten adalah apa yang kita ajarkan pada murid-murid kita berdasarkan kesiapan, minat dan profil      belajar murid.
2. Diferensiasi proses
    Proses seperti apa yang harus disiapkan untuk memenuhi kebutuhan belajar murid, setelah kita          menganalisis kesiapan belajar, minat dan profil belajar murid.
Cara untuk menetukan diferensiasi proses
    1. Melaksanakan kegiatan berjenjang
    2. Menyediakan pertanyaan pemandu (sudut-sudut minat di dalam kelas)
    3. Membuat agenda individual untuk murid (daftar pekerjaan umum dan individual).
    4. Menvariasikan lama waktu yang murid dapat ambil untuk membereskan tugas.
    5. Mengembangkan kegiatan bervariasi yang memuat kegiatan profil belajar (visual, auditori, kinestetik)
    6. Menggunakan kelompok yang fleksibel sesuai dengan kesiapan dan minat.
3. Diferensiasi produk
    Tagihan apa yang kita harapkan dari murid, produk adalah unjuk kerja murid, yang ada wujudnya. 
    Produk penting karena merupakan elemen kurikulum yang paling langsung yang dimiliki oleh murid. 
    Diferensiasi produk meliputi:
1. Memberikan tantangan atau variasi
2. Memberikan murid bagaimana pembelajaran yang mereka inginkan
Ekspetasi pada murid
1. Kualitas pekerjaan
2. Konten yang harus ada dsalam produk
3. Bagaimana harus dikerjakan

Fakta pada Video 2
Lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi
1. Setiap orang dalam kelas akan menyambut dan disambut dengan baik
2. Setiap orang di dalam kelas saling menghargai
3. Murid akan merasa aman secara psikis dan fisik.
4. Ada harapan dari pertumbuhan
5. Guru mengajar untuk mencapai kesuksesan.
6. Ada keadilan dalam bentuk nyata
7. Guru dan siswa berkolaborasi untuk pertumbuhan dan kesuksesan bersama.
Fakta artikel Peran Penilaian dalam Pembelajaran Berdiferensiasi
Di dalam kelas, kita dapat memandang penilaian dalam 3 perspektif, yaitu
  1.  Assessment for learning - Penilaian yang dilakukan selama berlangsungnya proses pembelajaran dan biasanya digunakan sebagai dasar untuk melakukan perbaikan proses belajar mengajar
  2. Assessment of learning - Penilaian yang dilaksanakan setelah proses pembelajaran selesai.
  3. Assessment as learning - Penilaian sebagai proses belajar dan melibatkan murid-murid secara aktif dalam kegiatan penilaian tersebut. Berfungsi sebagai penilaian sumatif
Berikut ini adalah beberapa contoh strategi penilaian formatif
1. Tiket keluar
2. Tiket masuk
3. Berbagi 30 detik
4. Nama dalam toples
5. 3 - 2 - 1
6. Refleksi
7. Pojok pemahaman
8. Strategi 5 jari. 

2. Gagasan baru apa yang anda dapatkan dari video dan artikel yang anda lihat?
Gagasan saya adalah menerapkan di kelas dan di transformasikan ke rekan- rekan guru satu sekolah. 
  1. Tahap pertama saya akan mengadakan analisis diagnostik terhadap tiga kebutuhan belajar yaitu kesiapan belajar, minat murid dan [pprofil belajar murid.
  2. Tahap kedua saya akan merencanakan strategi diferensiasi yang terdiri dari diferensiasi konten (pembelajaran) untuk konten sudah saya lakukan dari tahun kemaren yaitu membuat video pembelajaran sehingga profil belajar visual, auditori dapat terpenuhi, kemudian diferensiasi proses yaitu merancang kegiatan pe,mbelajaran berdiferensiasi yang sesuai dengan kesiapan belajar, minat dan profil belajar siswa. Untuk diferensiasi produk, saya meminta murid untuk membuat video sebagai laporan praktikum atau tugas praktek lainnya, supaya mereka belajar IT, berinovasi dan sesuai dengan kodrat jaman.
  3. Tahap yang ketiga saya akan mengajak murid- murid untuk dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang berdiferensiasi 
  4. Tahap yang keempat saya akan merencanakan penilaian formatif yang menarik sehingga semua murid dapat bahagia dan termotivasi dalam belajar.
3. Apakah yang menurut anda akan sulit diinplementasikan? Mengapa?
Setelah saya mempelajari strategi diferensiasi, lingkungan pembelajaran berdiferensiasi dan penilaian pembelajaran berdiferensiasi,secara teori sudah sangat jelas, yang sulit adalah tekad kuat untuk mengimplementasikan di kelas, karena bila kita sudah memulai dan akhirnya terbiasa maka menjadi kebiasaan baik atau praktik baik.

4. Pertanyaan apakah yang masih anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut
Pertanyaan :
1. Contoh dari asesment for learning, asesment of learning dan assesment as learning! (bentuk tabel dan rubrik penilaian )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar