Mulai dari Diri
Hal terpenting yang telah saya pelajari adalah kita sebagai guru terutama guru siswa SMK selain menjadi guru disekolah, harus bisa menjadi sahabat bagi mereka. Karena perkembangan sosial dan emosional siswa SMK sangat mudah berubah sehingga kita sebagai guru harus bisa juga menjadi teman agar siswa kita dapat terbuka dengan kita. Ini penting untuk dapat mengetahui apa saja yang dapat kita lakukan untuk membatu perkembangan sosial emosional mereka.
Dampak dari pengelolaan krisis tersebut dalam diri saya adalah saya semakin memahami tugas seorang guru tidak hanya pintar untuk mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa, tetapi kita bisa mengembangan sosial dan emosional siswa agar mereka dapat berkembang secara akademik maupun berkembang di lingkungan sosial mereka.
Saya setuju bahwa faktor-faktor pemahaman diri, ketangguhan atau kemampuan membangun hubungan positif dengan orang lain dapat membantu siswa menjalani proses yang lebih optimal di sekolah. Saya mempunyai siswa yang sangat sopan, kegiatan keagamaan selalu diikuti dengan rajin. Walaupun terlihat pendiam dia sering kali kedapatan berbincang serius dengan teman satu angkatan bahakan dengan lintas angkatan dan lintas jurusan. Dia juga tidak pelit dalam berbagi pengetahuan dan trik dalam tugas-tugas sekolah. Dan akan dengan senang hati membantu teman-teman yang lain untuk menginstal segala program yang diperlukan dipembelajaran sekolah. Dia juga akan dengan sabar melayani semua teman-temannya yang bertanya kepadanya. Semua yang dilakukan oleh siswa saya tersebut sudah mencirikan bahwa siswa itu memiliki kemampuan membangun hubungan yang positif dengan orang lain.
Kemampuan membangun hubungan yang positif ini juga sejalan dengan kemampuan proses pembelajaran yang lebih optimal di sekolah, dengan dibuktikan siswa tersebut mendapat jumlah nilai di rapot tertinggi dikelasnya.
Hubungan antara kompetensi sosial dan emosional dengan keberhasilan dalam pengelolaan krisis saya dan pembelajaran siswa saya adalah kita dapat memahami karakter diri dan orang-orang sekitar. Dengan begitu, kita dapat mengetahui apa yang menjadi keingan kita dan apa kelebihan yang dimiliki untuk dapat kita manfaatkan untuk membantu dan menyelesaikan permasalahan dengan baik
Sebagai seorang pendidik, saya berharap:
- dapat berperan dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan menyenangkan
- memperhatikan kesejahteraan emosional dan sosial para murid.
- menyebarkan suasana positif dan kebaikan dengan menjaga kendali atas emosi saya dalam berinteraksi dengan siapa pun.
- berusaha untuk tetap menjaga kontrol emosional agar tidak terlalu bereaksi secara berlebihan.
- dapat menjadi guru dan sahabat bagis semua siswa
Sebagai seorang pendidik, saya berharap untuk murid-murid saya agar:
- selalu dapat menjaga satu dengan yang lainya dan tidak menyakiti hati temannya.
- dapat menjaga kekompakan yang positif untuk meningkatkan akademik
- menjaga sosial emosional agar tidak mudah terpengaruh dan merasa sakit hati sendiri.
- meningkatkan kemampuan hubungan yang positif dengan orang lain untuk meningkatkan proses pembelajaran yang lebih optimal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar