Minggu, 09 Agustus 2020

Perencanaan Bisnis Konstruksi dan Properti >>1.3. PEMASARAN PROPERTI

Pertemuan 3
Kompetensi Dasar:
3.1 Memahami Konsep Bisnis Kontruksi dan Properti.
4.1 Mempresentasikan Konsep Bisnis Konstruksi dan Properti



C. PEMASAN PROPERTI
Saat ini bisnis properti telah banyak ditekuni oleh kontraktor atau perusahaan sehingga terjadinya persaingan antar kontraktor/perusahaan dalam mencari konsumen. Dalam hal ini, terdapat banyak faktor yang perlu diperhatikan kontraktor atau perusahaan tersebut. Salah satunya adalah cara pemasaran. Berikut contoh dari cara pemasaran:

1. MEMAHAMI KONSUMEN
Semua hasil properti harus dijual atau disewakan kepada konsumen karena konsumen menjadi titik utama dalam bisnis. Oleh sebab itu, anda harus memahami keinginan konsumen. Untuk dapat memahami keinginan konsumen, anda dapat melakukan hal-hal berikut:
a. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan penting mengenai status konsumen, tanpa menyinggung perasaan konsumen
b. Pastikan agar pesan jualan anda sampai kepada konsumen. Buatlah gambaran umum mengenai properti yang dijual atau disewakan, ungkap berbagai macam keunggulan dan minimalisir berbagai kekurangan pada properti
c. Pertimbangkan segmentasi pasar yang sedang anda ataupun konsumen hadapi


2. MEMPERTIMBANGKAN JENIS PROPERTI
Strategi pemasana untuk unit perkantoran, ruang retail atau tempat tinggal berbeda-beda. Ada beberapa kemungkinan prediksi yang diinginkan oleh konsumen terhadap property, diantaranya sebagai berikut:
a. Konsumen  dari daerah tingkat kepadatan penduduk rendah umumnya akan mencari rumah keluarga tunggal.
b. Konsumen dari daerah yang memiliki kepadatan tinggi akan mencari ruang yang dapat mencakup orang banyak, seperti apartemen dan kondominium. Aspek-aspek kenyamanan, rasa lega, serta kelengkapan fasilitas pada bangunan dianggap sebagai hal penting.
c. Ruang retail dan perkantoran akan banyak dicari konsumen dalam rangka mencari keuntungan bagi dirinya dan perusahaannya.
d. Properti untuk industri mungkin menjadi lebih menarik saat anda menekankan pada fasilitas listrik, air dan kemudahan aksesnya. Properti ini juga mungkin mencakup pergudangan serta ruang pabrik.


3. MEMBANDINGKAN PROPERTI KOMERSIAL DENGAN RESIDENSIAL
Secara umum, properti dapat dibedakan menjadi properti komersial dan properti residensial. Kontraktor atau perusahaan properti harus dapat membedakan properti komersial dan properti residensial.Properti komersial lebih mengarah kepada peraturan bisnis atau mencari keuntungan, misalnya ruko, ruang kantor, toko, dan kios. Adapun properti residensial meliputi rumah hunian (rumah kost, rumah sewa, apartemen dan villa). Fokus utama dari properti yang bersifat komersial adalah mencari keuntungan. Properti tersebut melibatkan penjualan, penyewaan, atau penggunaannya untuk mendapatkan keuntungan sebesar mungkin. Keputusan yang dijalankkan juga mungkin dibuat oleh dewan atau sekelompok orang. 


4. MENERAPKAN ANALISIS SWOT
SWOT adalah singkatan dari Strengths (kelebihan), Weaknesses (kekurangan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman/resiko). Pada awalnya, SWOT dikembangkan untuk merencanakan strategi kompetensi, namun anda juga dapat memanfaatkannya untuk pemasaran properti. Dengan demikian, analisis SWOT dapat digunakan tahap pertama dari perencanaan pemasaran anda.


5. MENETUKAN TUJUAN DAN PERENCANAAN
Tujuan berbisnis adalah memperoleh keuntungan dari menjual atau menyewakan sebanyak mungkin properti dan atau menerima banyak komisi. Untuk dapat mencapai semua tujuan tersebut, buatlah perencanaan yang tepat, baik terkaiat jenis tugas, waktu dan targetnya.

6. MENYIMPAN SEMUA DOKUMEN ATAU ARSIP PENTING
Siapkan dokumen, keputusan dan arsip penting tentang pemasaran properti harus anda simpan dengan baik. Apabila anda tahu dan mampu mengoperasikan komputer, masukkan semua berkas dan folder ke dalam file yang sudah diberi nama dan tanggal. Jangan sampai desktop yang disimpan tanpa ada judul dan tanggal kerena akan menyulitkan anda pada masa datang.






Tugas:
Lakukan Pengamatan mengenai berbagai pemasaran properti yang ada di lingkungan sekitarmu. Tuliskan berbagai macam cara pemasaran bisnis properti tersebutdalam buku tugas. Kirim pada Goggle Classroom.



Sumber Materi:
Buku Perencanaan Bisnis Konstruksi dan Properti SMK/MAK
Kelas XI
Penerbit Bumi Aksara






Tidak ada komentar:

Posting Komentar